Rabu, 04 Januari 2012

Tips Meningkatkan Traffic Blog

  
Assalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan selalu kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya. 

Sahabatku sekalian yang berbahagia semuanya, postingan saya kali ini tentang "Tips Meningkatkan Traffic Blog" dimana artikel ini saya copas dari blog annunaki.wordpress.com.
Selamat membaca.
 
Tips Meningkatkan Traffic ke Blog. Setelah hampir setahun saya ngeblog dengan platform WordPress, baik yang hosting sendiri (wp.org) maupun yang gratisan (wp.com) , saya beranikan diri menulis artikel Cara Mendatangkan Banyak Traffic ke Blog . Bukan berarti blog annunaki ini ramainya luar biasa sehingga bisa menjadi panutan, tetapi apa yang saya tulis di artikel ini datang dari pencarian, observasi dan praktek pribadi yang ingin saya share dengan sobat narablog semua.

Tulisan ini adalah semacam summary dari apa yang saya pelajari selama ini, so saya akan banyak memberikan link-link ke sumber saya belajar, bertanya, memperhatikan dan praktek ! Karena ini summary dan masih terus berjalan maka akan saya update sewaktu-waktu diperlukan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya tampilkan statistik pengunjung blog ini per hari:
tips meningkatkan traffic blog website | mendatangkan banyak traffic pengunjung blog
Update per tanggal 13 – 01 -2011
tips meningkatkan traffic blog website | mendatangkan banyak traffic pengunjung blog
bisa sobat lihat jika saya mendapatkan rata-rata traffic sekitar 1000-1500 pengunjung per hari. Kebanyakan dari pengunjung harian datang melalui search engine. Karena itu pengetahuan mengenai SEO – Search Engine Optimization sangat berguna untuk dipelajari lebih jauh.

Arus pengunjung (traffic) yang saya dapatkan ini masih tergolong kecil. Saya tahu ada blog-blog yg bertukar link dengan saya mendapatkan traffic hingga 5000-7000 kunjungan per hari! wow! bagaimana rahasianya? nanti saya ulas. ( udah berani ngulas… padahal belum nyampe 5000 visitor per hari hahaha :lol: )
dan ini gambar statistik bulanan pengunjung di blog annunaki. Bisa sobat lihat perkembangannya dari awal saya mulai ngeblog (desember 2009) sampai sekarang (november 2010).
tips meningkatkan traffic blog website | mendatangkan banyak traffic pengunjung blog
Tipe Narablog (blogger)
Berdasarkan pengamatan saya, ada narablog yang ngeblog untuk kepuasan pribadi semata. Blognya berisi catatan harian, puisi, keluhan, ratapan, puji-pujian, doa, harapan dan semua yang berkisar tentang kesehariannya.

Umumnya narablog atau blogger semacam ini tidak peduli dengan traffic atau aliran pengunjung yang datang ke blog dia. Yang penting hobby menulis dapat tersalurkan dengan baik, syukur-syukur ada yang baca :D . Tapi tidak berarti tipe narablog seperti ini tidak bisa mendatangkan banyak traffic lho! nanti saya ulas dan kita lihat buktinya !

Ada narablog yang ngeblog untuk mengais dollar dan rupiah :mrgreen: . Cara-cara mendulang duitnya juga beragam. bisa dengan PPC, PPS, menjual space iklan di blog, ikutan ad review, atau menjual jasa dan produk. Bagi mereka, aliran traffic yang tinggi adalah hal yg mutlak dan sangat dicari. Karena itulah tipe blogger ini sangat memedulikan SEO – search engine optimization . 

Namun, artikel ini tidak berniat mengupas lebih jauh tentang SEO baik yang off page optimization maupun yang on page optimization. Sudah banyak yg membahas mengenai teknik-teknik SEO dan sobat bisa mengetahui teknik-teknik tsb dari mereka. Infonya ada di bawah.

Ada pula narablog yang tidak berniat mencari duit dari blognya, hanya menulis dan atau mengumpulkan artikel-artikel kesukaan dia namun sangat berminat jika blog yang ia bangun dikunjungi oleh banyak pembaca. Saya bertemu banyak narablog yang tipenya seperti ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber Traffic

Darimana pengunjung / visitors mendatangi blog kita ? Berdasarkan pengalaman saya, mereka kebanyakan datang dari mesin pencari atau search engine seperti google, yahoo dan bing. Tipe pengunjung seperti ini adalah tipe yang steady (stabil). Mengapa? karena search engine adalah rujukan pertama yang dituju oleh netters ketika mereka ingin mencari informasi tertentu.

Misal: ada yang ingin mencari info tentang aksesori sepeda motor atau gossip terbaru tentang artis kesayangannya. Apa yang dilakukan para pencari ini? Kalau dulu kita mengandalkan infotainment atau berlangganan majalah otomotif tertentu, sekarang tinggal cari aja di internet, atau populer disebut googling.
Mereka yang bisa mengakses internet saat ini tidak terbatas pada yang berpendidikan tinggi dan punya duit saja. 

Pertumbuhan pengguna internet pun cenderung semakin naik .
Berdasarkan ini semua, jika website atau blog sobat dapat muncul di halaman pertama atau kedua search engine untuk hasil pencarian dengan keyword tertentu maka bisa saya pastikan visitors selalu datang ! Karena itulah penting untuk memelajari SEO.
tips meningkatkan traffic blog website | mendatangkan banyak traffic pengunjung blog 
inilah sebagian dari keyword yang diketikkan para netter ketika menggunakan search engine dan keyword ini menjadi traffic bagi blog annunaki. ehem…. keywordnya agak serammm juga nih :mrgreen:

Tips dari saya:
  • “Amalkan” teknik-teknik SEO yang ditulis oleh salah seorang sobat narablog yg bertukar link dengan saya. klik disini untuk membaca !
  • Untuk lebih lengkapnya boleh beli produk informasi panduan SEO menjadi nomer satu di search engine. Klik disini. Saya udah praktekkan sendiri cara-caranya dan hasilnya mantap sekali ! *promosi dikit* :mrgreen:
  • Unduh Software SEO dari link ini. Sangat dianjurkan bagi mereka yg ingin serius mengoptimasi blog/websitenya !
Selain dari search engine, kita bisa mendapatkan banyak traffic ke blog dari sumber-sumber lain yang pada awalnya tidak saya duga dapat mendatangkan traffic, bahkan hasilnya kadang-kadang melebihi traffic dari search engine. Blog ini pernah dikunjungi lebih dari 2000 visitors dan penyebabnya adalah 2 buah artikel yang saya submit ke situs Lintas berita. Padahal sehari-harinya paling hanya 1000-1500 pengunjung yang stabil dari search engine.

Tips dari saya:
  • Submit artikel anda ke berbagai social media seperti lintas berita. Tapi untuk submit artikel ke sana ada seninya lho! Yang berpikiran untuk mendatangkan traffic banyak bukan cuman kita aza :D ada buanyak saingan disana. Saya belajar dari ahlinya, seorang narablog yang artikel-artikel di blognya selalu ‘merampok’ urutan 5 besar di Lintas berita ! klik disini
  • Submit Blog dan atau RSS blog anda ke berbagai blog directory. Tutorialnya sudah saya berikan diartikel ini
  • Facebook dan Twitter adalah 2 platform jejaring sosial yang amat populer saat ini. Untuk menjaring traffic dari sana, hubungkan juga postingan sobat di wordpress.com dengan facebook dan twitter. Caranya? Klik disini . Bisa juga gunakan Networked Blogs
  • Libatkan diri anda dalam komunitas-komunitas ngeblog dan ikuti gatheringnya. Komunitas ini pada umumnya bersifat regional dan kadang-kadang mereka mengadakan pertemuan atau ngopi bareng. Ikuti pertemuannya, aktif disana dan saksikan network anda bertambah!
  • Selain Lintas Berita dan FB, forum-forum seperti Kaskus, WebGaul, KafeGaul, dll layak diperhitungkan sebagai sarana untuk memromosikan artikel sobat. Tentu saja tiap forum punya culture dan rules tersendiri yang harus ditaati. Jika sobat masih belum terkenal disana (belum punya GRP / Good reputation point / cendol yg banyak) maka promosikan blog sobat di footer atau signature nickname. Cara ini juga terbukti ampuh saya praktekkan. Contoh signature nick name yang saya buat di salah sebuah forum : Klik disini . Kebetulan forumnya mengijinkan kita memasukkan gambar animated gif . Tidak semua forum seperti ini lho .
  • Era sebelum Lintas Berita, Kaskus, dan FB eksis, mailing list (milis) adalah sarana berpromosi yang cukup efektif. Yahoogroups (dulu E-Groups) dan Google Groups adalah 2 layanan milis yang besar dan terkenal, layak untuk menjadi pertimbangan promosi blog sobat. Tapi tidak semua milis menerima iklan atau promosi. Triknya adalah sobat menjadi anggota di milis umum lalu sobat kopi paste sebagian dari artikel sobat dalam email yang akan dikirim ke server milis. cukup sebagian saja, dengan menyertakan link lengkap ke artikel blog sobat. Hey… it’s work ! :D saya udah coba dan berhasil mendulang traffic yg lumayan. Ini contoh archive email yang saya maksud, Klik disini
Daftar Alamat Milis A – Z untuk Promosi
Content Blog
Isi atau content blog adalah spirit dari blog itu sendiri. Jika sobat menguasai sebuah atau beberapa topik yang dicari-cari netters maka sobat dapat menuangkannya dalam bentuk tulisan lalu dipromosikan dengan cara-cara yang sudah saya ulas di atas. Bagaimana jika sobat belum menguasai topik apapun? atau bagaimana jika sobat bukan tipe yang suka menulis?
Jangan kuatir. Lihatlah blog ini :D

Content dari blog saya ini hampir semuanya bukan tulisan saya sendiri. Saya mengkopi paste dari sumber-sumber lain. Tentu saja dikopi dengan mengikuti netiket. Saya selalu sertakan darimana sumber tulisan diambil.

Saya adalah tipe yang suka membaca, bukan suka menulis. Kalau dipaksakan menulis maka hasilnya bisa amburadul kayak artikel ini hahaha :lol: . Namun bisa dipastikan semua artikel yang ada di blog ini adalah artikel favorit saya dan telah saya baca berulang-ulang. Jika artikel itu berkaitan dengan hal-hal teknis, maka hampir semuanya pernah saya praktekkan sendiri. Karena lebih suka membaca, maka di blog ini saya sharingkan tulisan-tulisan dari para penulis favorit yang telah banyak menginspirasi saya seperti Gede Prama, Timothy Wibowo, Adi W. Gunawan, dll. Hal ini sah-sah saja dilakukan dalam dunia blogosphere bukan? ;)
Bagaimana Tips Membuat Artikel Menarik ala Blog Annunaki? Baca disini :mrgreen:

Niche
Content yang bagus adalah content yg topiknya dicari oleh netters dan biasanya ceruk (niche)-nya spesifik. Jika sobat menguasai topik dengan ceruk tertentu dan dapat menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan disana, maka blog sobat akan mendapatkan banyak kunjungan. Apalagi jika di seputar niche itu memang sudah ada komunitasnya atau lebih tepat disebut enthusiast -nya!
Saya beri contoh topik dengan niche spesifik yang mendatangkan banyak traffic dan ada enthusiast yang mencari. Contoh ini saya ambil dari BoTD (Blog of The Day atau Blog-blog yang populer) di WordPress Indonesia.
  • Artis Korea
  • Sepeda motor
  • CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)
  • Tutorial ngeblog
  • Tutorial game terbaru + cheats
  • Beasiswa dan Lowongan Kerja
  • Togel
Saya bahas beberapa niche saja yah :
Untuk niche artis korea, contoh yang paling bagus adalah blog Asianfansclub . Blog ini memuat artikel2 seputar artis asia Timur (China-Jepang-Korea-Taiwan-Hongkong), terutama dari Hallyu (dunia perfilman Korea) dan artis-artis Penyanyi Korea (K-Pop) yang memang sedang naik daun . Perhatikan bagaimana blog ini dapat dengan cerdik memanfaatkan ceruk yang menggiurkan ini menjadi traffic yang sangat besar! Saya duga Asianfansclub bisa meraih traffic lebih dari 10.000 visitors perhari!

Pinternya juga, blog ini dikelola oleh beberapa tangan ‘hardcore’ yang memang mengerti bahasa Korea (sehingga bisa menerjemahkan langsung dari sourcenya di korea) . Pembaca blog ini betul2 mendapatkan gossip-gossip terbaru seputar K-Pop, pokoknya you got the latest gossip from trusted sources.
Niche Sepeda Motor adalah fenomena berikutnya yang tidak kalah gegap gempita. blog-blog yang membahas motor sering disebut dengan indomotoblog

Blogger-blogger papan atas indomotoblog seperti Taufik and Motorcycle, Rudy Triatmono Personal Blogs, Edo Rusyanto’s Traffic, dan Indobikers menuai traffic yang amat fenomenal. FYI:  blogger-blogger ini sangat diperhatikan suaranya oleh ATPM Sepeda motor besar seperti AHM dan YMKI. Mereka pun sering diundang untuk test ride, touring dan product review oleh ATPM besar.

Apa kunci dari keberhasilan mereka? Kuncinya adalah mereka punya pengetahuan luas tentang sepeda motor serta  obyektif dalam menceritakan kekurangan dan kelebihan sebuah motor. Akibatnya blog-blog motor yang saya sebutkan di atas menjadi rujukan bagi netters yang ingin mencari second opinion tentang motor yang ingin mereka beli, tidak melulu bergantung dari informasi sepihak yang diberikan ATPM.

Togel. Nah ini dia. Meski saya tidak bangga membahasnya, tapi inilah ceruk yang juga bisa mendatangkan banyak traffic. Rupanya banyak enthusiastnya juga yang mencari informasi-informasi seperti ini. :mrgreen:
Intinya adalah, sobat temukan ceruk yang kira-kira mendatangkan banyak visitors dan garap topik-topik di seputar ceruk itu ! Akan lebih bagus lagi jika sobat narablog memang menguasai topik ybs. Akan tetapi jika tidak pun, it’s okay . Sobat bisa menyuplai netters dengan informasi-informasi terkini dan bermanfaat tanpa harus menguasainya lebih dalam.

Niche Misteri
Contoh lain adalah artikel yang saya submit ke Lintas Berita. Topiknya adalah misteri. Saya perhatikan artikel-artikel yang berkaitan dengan hal-hal yang misterius sangat sering menempati urutan HOT Lintas Berita dengan traffic gila-gilaan !
Kedua artikel itu adalah:
Keduanya bertanggung jawab melejitkan traffic blog annunaki dari rata-rata visitors perhari.

Tips dari saya:
  • Pemilihan niche/ceruk sangat penting. pilihlah ceruk yang besar untuk mendatangkan banyak traffic
  • Ceruk yang besar berarti tantangannya juga besar karena ada banyak pemain yang terjun di sana
  • Mengapa ceruk tertentu besar? karena ia bersinggungan langsung dengan kebutuhan orang-orang. Selama ada demand akan kebutuhan tersebut maka orang-orang akan terus mencarinya. Anda perlu melakukan riset tentang apa saja sih yang dibutuhkan orang-orang dan dicari mereka?
  • Kunci memenangkan persaingan selain dengan Trik SEO adalah menyajikan berbagai nilai tambah (value added) pada sebuah artikel. Jika artikel orang lain hanya menyajikan tips dan trik secara tulisan, mungkin sobat bisa menambahkan audio atau video disana, atau bisa menambahkan E-Book berkaitan dengan topik tsb dan bisa di-unduh secara gratis atau dalam artikel itu sobat dapat memberikan rujukan kepada situs/blog lain yang sekiranya dapat menambah wawasan netters. Jangan takut memberikan backlink langsung pada mereka. Dengan nilai tambah yang banyak maka netters tidak segan-segan mem-bookmarked laman artikel atau laman blog sobat karena ia menganggap blog sobat memberikan lebih dari yang ia cari dan mungkin saja masih banyak ‘harta karun’ lainnya yang tersembunyi untuk dia temukan dari blog sobat :D
Blog Pribadi = Miskin Pengunjung? NO!
Bagaimana jika blog saya adalah blog pribadi yang isinya amat personal misalnya berisi curhat seputar kerja/kuliah/pacar dan bertaburan puisi di dalamnya? Believe it or not, blog-blog ini tetap dapat meraih traffic yang bagus ! Gak percaya?
Saya kasih contoh beberapa blog personal yang lumayan sering saya intip serambi-nya :)
Parameter penilaian saya adalah dari Alexa Rank dan komentar-komentar pengunjung yang masuk. Sampai tulisan ini dibuat, Erwinaziz menuai 665.000 skor Alexa dan Asopusitemus mendapatkan nilai 315.000 skor Alexa. Nilai yang cukup bagus untuk blog pribadi ! ( mengingat banyak blog pribadi skornya 10 – 15 juta :D ).

Untuk Blog Camp-nya PakDe malah lebih fenomenal lagi karena Alexa Ranknya dibawah seratus ribu ! Tepatnya 64.000 ketika artikel ini turun. Alexa Rank saya aza masih berjuang untuk meraih skor di bawah  seratus ribu. So… saya duga pasti BlogCamp menuai visitors lebih dari 3000 orang per hari !

Tips dari saya:
  • Blogwalking ! yah inilah cara kuno dan ‘menyakitkan’ yang diterapkan pengelola blog personal yang saya tulis diatas . Menyakitkan bagi yang suka terburu-buru mengetikkan komentar atau yang menerapkan jurus 1 komentar sama untuk seribu blog ehehehe.. tapi cara ini adalah cara yang menyenangkan bagi mereka yang suka menjalin networking secara pribadi. Saya pun mendapatkan banyak ilmu ngeblog juga dari blogwalking ini.
  • Bersikap ramah, hangat dan terbuka kepada setiap pengunjung. Juga membalas setiap komentar yang masuk.  Dengan cara ini anda akan selalu diingat sebagai pribadi yang menyenangkan dan persahabatan bisa jadi akan bergulir dari blog ke jejaring sosial seperti facebook, mungkin juga diteruskan ke kopdar/gathering.
  • Nilai Tambah! value added juga dapat diberikan oleh sebuah blog personal. Contoh dari Blog Camp. Blog ini memberikan nilai tambah berupa kuis yang menarik dan interaktif. Banyak narablog dari berbagai platform termasuk saya sendiri pernah mengikuti kuis Blog Camp yang muncul hampir tiap bulan. Inilah daya tarik luar biasa dari blog ini. Contoh lain tentang bagaimana nilai tambah bisa menjadikan blog anda meraup pengunjung yang banyak bisa dilihat di sini .
Sudah siapkah blog  sobat menjaring traffic berlimpah ?
Tutorial WordPress.com yang mungkin berguna bagi sobat? Klik disini !
Demikianlah pemaparan saya tentang Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung

Semoga bermanfaat. 

Sumber: "annunaki.wordpress.com"

2 komentar:

  1. terima kasih masbro sudah mengutip artikel saya di blog ini. Meski blog kita beda platform, tapi inti dari tulisan saya diatas bisa diterapkan juga di blogspot.

    Saya mendapat traffic paling banyak dari search engine dan lintas berita. Masbro bisa memraktikkan cara2 diatas juga untuk mendapat traffic yang besar.

    Salam dari Bandung

    BalasHapus