Selasa, 03 Januari 2012

Ciri Tulisan Sukses

  

Assalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan selalu kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya.
 

Sahabatku sekalian yang berbahagia semuanya, postingan saya kali ini tentang "Ciri Tulisan Sukses" dan bagi sahabat yang merasa cinta dengan dunia tulis-menulis, diharapkan bisa terbakar gairahnya untuk tetap selalu semangat menulis. Selamat membaca.
 
Sebagaiman kita ketahui, adakalanya sebuah tulisan dibuat agar dapat dibaca orang lain. Kecuali tulisan yang bersifat pribadi. Seringkali kita dapati ada tulisan yang berhasil menjerat banyak peminat, umumnya diukur melalui banyaknya pembaca dan yang meninggalkan komentar. Tetapi adapula penulis yang baru menerbitkan tulisan hanya dalam waktu singkat pembacanya sudah membludak.

Nah, sobatku sekalian untuk memancing sebuah tulisan agar dapat menarik perhatian banyak pengunjung, dimana hal ini bisa saja terjadi karena pengaruh judulnya. Maka disarankan untuk membuat judul semenarik mungkin, yaitu dengan judul yang bisa menimbulkan rasa penasaran dan dapat menggerakkan seseorang untuk berpikir.

Tapi ingat ya judul yang menarik bukanlah judul yang membohongi. Pemilihan judul adalah langkah terdepan pembaca untuk memilih sekian banyak tulisan yang beredar. Semakin unik judulnya semakin banyak peminatnya. Sekarang kita berjalan pada isi tulisan yang nanti akan mengundang pembaca untuk berkomentar.

Isi tulisan yang berisi hal-hal umum tentu sudah banyak beredar, oleh karena itu sebuah tulisan yang mengandung hal yang kontra akan membuat orang semakin penasaran membacanya hingga selesai. Secara garis besar orang akan menilai tulisan itu menarik atau bermanfaat.

Tulisan yang menarik biasanya disampaikan dengan gaya yang bersahabat, sedangkan tulisan bermanfaat adalah tulisan yang akan memberi manfaat bagi pembacanya. Bagaimana membuat tulisan yang menarik? Sering-seringlah membaca tulisan lain yang sedang populer.

Di sana kita bisa berguru bagaimana si penulis merangkai kata, mendekatkan diri pada pembaca, dan mengocok emosi. Untuk tulisan yang bermanfaat hendaknya kita menghadirkan sesuatu yang luput dari perhatian.

Misalkan, ada pertanyaan apakah benar langit itu berwarna biru? Maka kitapun menganggap itu kebenaran umum. Tetapi jika seseorang mengangkat tulisan bahwa langit berwarna hijau maka akan timbul rasa penasaran dibenak pembaca yang membuatnya segera bereaksi untuk mengetahui kebenaran itu, dan akhirnya pembaca digiring untuk memahami sebuah fenomena alam yang bermanfaat untuk diketahui.

Setelah tulisan dibaca, yang semakin mengokohkan tulisan tersebut memang sukses adalah jejak komentar pembaca. Selain karena faktor isi tulisan, pembaca memberi komentar juga karena telah terlibat hubungan dengan penulis, sehingga senang meninggalkan komentar.

Bisa kita lihat ada tulisan yang pembacanya berjumlah puluhan tetapi komentarnya mencapai ratusan. Hal seperti itu lebih sering dikarenakan penulis dan pembacanya sudah melewati fasa penulisan searah dimana penulis diharapkan mampu menjembatani ide tulisannya dengan pendapat para pembaca.

Satu lagi hal yang menjadi indikasi tulisan semakin banyak peminatnya adalah jumlah share yang dimiliki tulisan. Memang ada tulisan yang di-share oleh penulisnya sendiri, tapi jika di-share dalam jumlah banyak, hal itu sudah diluar kemampuan penulisnya lagi.

Pada kenyataannya masih ada tulisan yang berhasil mendapat jumlah pen-share yang banyak bahkan sampai ratusan di berbagai jejaring sosial. Ini menandakan isi tulisannya memang layak untuk dibaca banyak orang, bahkan perlu mengundang orang lain turut membacanya.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar