Sabtu, 07 Januari 2012

Problematika Dalam Ngeblog

 

Assalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan selalu kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya.


Sahabatku yang berbahagia semuanya, postingan saya kali ini tentang "Problematika Dalam Ngeblog" dan bagi sahabat yang suka ngeblog tentunya sudah merasakan bagaimana suka dukanya menjadi seorang bloger. Selamat membaca.

Ngeblog di internet merupakan salah satu kegiatan yang sudah ngetren pada masa kini. Banyak sudah orang yang senang menulis memanfaatkan blog sebagai sarana atau tempat untuk menyalurkan tulisannya. Akan tetapi ada saja problematika yang mungkin dialami oleh sebagian bloger didalam kegiatan ngeblog mereka.

Problematika yang akan saya tuliskan disini hanya 3 dan dipersilahkan bagi sahabat yang ingin menambahkan contoh problematika-problematika lainnya, kalo memang ada...hehehe. Apa sajakah itu? Ok, langsung saja, ketiga problematika itu adalah:

1. Menulis
Menulis adalah kewajiban bagi seorang bloger walaupun masih ada juga blog yang hanya berisikan gambar. Namun demikian banyak juga loch bloger yang males menulis sehingga blognya jadi kurang update, jadi kurang menarik dan otomatis pengunjungnya jadi berkurang dan sedikit. Kendala males menulis itu umum dialami pada setiap bloger, maka dari itu jika ingin blog kita ramai, ayo dari sekarang kita giat menulis biar blog kita bisa update terus dan trafiknya terus meningkat naik.

2. Inspirasi
Masih berkaitan dangan problem diatas, inspirasi bisa jadi merupakan rangsangan kita untuk menulis. Banyak dari bloger yang mengeluhkan kurangnya inspirasi bahkan sampai ada yang buntu akan inspirasi sehinga tidak ada tulisan yang update di blognya. Padahal kenyataannya, inspirasi bisa didapat dimana saja, disetiap aktivitas apapun, bahkan bisa tidak terduga datangnya. Inspirasi bisa dicari atau tidak dicari sama sekali karena yang namanya ispirasi bisa saja datang dengan sendirinya disetiap waktu.

3. Copas 
Problem yang satu ini sudah melekat pada setiap bloger, copas merupakan problem selanjutnya dari problem-problem lain di atas, seseorang yang sudah malas menulis dan mencari Inspirasi biasanya hanya bisa copas alias copy paste dan ini biasa dijadikan sebagai senjata trakhirnya. Walaupun copas tidak masalah sih yang penting mencantumkan sumbernya.

Tapi kebanyakan copas juga tidak baik loch, karena dapat menghambat kreativitas kita didalam menulis untuk melahirkan karya terbaik kita melalui tulisan. Sebenarnya dulu juga saat newbie saya pernah copas tapi setelah beberapa waktu saya sadar hal itu kurang baik untuk page rank blog saya, hingga akhirnya saya pun mencoba untuk lebih aktif lagi dalam menulis. Copas juga berimbas buruk jika tidak mencantumkan sumber, karena sangat merugikan oranglain. Bukankah merugikan orang lain itu dosa?

So, jarang menulis karena tidak ada atau kurang inspirasi dan akhirnya copas, karena keseringan copas jadi malas menulis sehingga mematikan ispirasi, dan kalau udah begitu copas lagi dech...!!


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar