Senin, 02 Januari 2012

Membangun Kredibilitas Lewat Tulisan

  

Assalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan selalu kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya
.


Sahabatku sekalian yang berbahagia semuanya, postingan saya kali ini tentang "Membangun Kredibilitas Lewat Tulisan" dan bagi sahabat yang merasa punya hobi menulis, tentunya akan dapat memahami kebaikan apa yang harus kita lakukan dimasa yang akan datang. Selamat membaca.

Kredibilitas adalah satu dari banyak hal yang harus kita perhatikan kepentingannya karena cukup penting pada pencitraan diri seseorang yang bersangkutan. Kredibilitas itu sendiri dapat mencakup diberbagai aspek profesi baik karyawan maupun pemilik usaha.

Salah satu contoh, seorang "Netpreneur" yang biasa menggunakan media online sebagai sarana untuk menjalankan usahanya. Maka sebaiknya kita sebagai penulis segera membangun kredibilitas diri kita sejak dini, sehingga kredibilitas dalam usaha online dibidang tulis-menulis dapat dibangun melalui tulisan yang anda buat.

Dengan begitu mutu tulisan itu sendiri menjadi sangatlah penting. Dibawah ini  ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam membuat artikel didalam media online baik berupa website atau blog:
  1. Usahakanlah untuk selalu membuat artikel asli hasil tulisan anda sendiri.
  2. Bila kita mendapat artikel dalam bahasa asing sebaiknya minta izin kepada pembuat artikel asli untuk menterjemahkan (biasanya mereka mau memberikan izin karena dalam bahasa yang berbeda).
  3. Bila anda menemukan satu artikel yang menarik dalam bahasa yang sama dan anda ingin membuat artikel yang mirip maka sebaiknya anda mencantumkan link url dari artikel tersebut. Sehingga anda bisa memberikan kredit kepada sipenulis asli.
  4. Bila anda menemukan satu artikel yang menarik dalam bahasa yang sama dan anda ingin melakukan copy paste (tidak dianjurkan) maka sebaiknya anda hubungi terlebih dahulu penulis aslinya dan meminta izin sekaligus menawarkan untuk meletakkan link url si penulis.
Dengan menulis artikel yang asli buatan anda sendiri sebenarnya bukan hanya membangun kredibilitas anda namun juga dari segi SEO (Search Engine Optimization) akan lebih baik. Artinya bila anda membuat suatu tulisan bukan hanya untuk dibaca orang di website/blog anda bukan?

Namun yang lebih penting adalah kalau orang mengetikkan sebuah kata kunci di kotak pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo atau MSN maka yang anda harapkan adalah artikel tulisan anda berada diurutan paling atas dari hasil pencarian di mesin pencari bukan? 

Karena dari mesin pencari inilah datangnya pengunjung baru bagi situs anda dan hal ini berlangsung dalam waktu yang lama. Namun jika anda hanya melakukan copy paste maka artikel yang asli pasti akan menempati urutan yang lebih tinggi di mesin pencari dari artikel hasil copy paste yang anda lakukan.

Bahkan bisa juga konten hasil contekan tadi tidak terindex oleh mesin pencari karena dikategorikan sebagai “duplicate content”. Untuk membuktikannya maka dapat anda coba ketikkan kata kunci dari artikel yang bersangkutan dimesin pencari dan lihat hasilnya  …

Maka lebih baik membuat artikel sendiri bukan? Karena tujuan anda berbisnis online bukan hanya membuat tulisan tapi yang lebih penting adalah bagaimana mendatangkan pengunjung lebih banyak yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan untuk anda.

Kerugian lainnya yaitu apabila si pengunjung mengetahui perbuatan anda yang telah melakukan copy paste, maka hal ini dapat menimbulkan keraguan dihati pengunjung akan kredibilitas anda sebagai penulis. Dan hal itu berarti sipenulis asli lebih ahli dibidang ini dari pada si “tukang contek”.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar