Kamis, 05 Januari 2012

Tips Agar Blog Anda Menarik

  

Assalamualaikum wr.wb.
Puji syukur kita panjatkan selalu kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya. 


Sahabatku sekalian yang berbahagia semuanya, postingan saya kali ini tentang "Tips Agar Blog Anda Menarik" dan bagi sahabat yang suka ngeblog, diharapkan bisa terbakar gairahnya untuk tetap selalu semangat ngeblog. Selamat membaca.

Artikel Blog yang menarik itu memiliki 2 kategori:
  • Menarik bagi search engine (dan bot-bot mereka yang merayap ke blog kita), dan
  • Menarik di mata pembaca
Artikel yang menarik bagi search engine adalah atikel yang SEO Friendly (ada Meta Tag Title, Meta Tag Keyword, Meta Tag Description, isi yang original, internal link, dll). Mengenai ini sudah banyak sekali dibahas oleh para kampiun dan jawara SEO. Lalu bagaimana artikel yang menarik bagi pemirsa ? Ini dia yang mau saya bahas.

CANTIK CONTENT
Menurut saya: Artikel yang menarik atau “cantik” adalah artikel yang membahas dan menyentuh langsung kebutuhan seseorang serta memberikan cara atau petunjuk bagaimana cara pemenuhannya.
Lihat tema-tema berikut:
  • Cara membuat Blog Kebanjiran Pengunjung
  • Cara belajar bahasa Inggris yang mudah dan efektif
  • Lembaga mana saja yang menawarkan schollarship / beasiswa
  • Modifikasi Motor Honda CBR250R
  • Lowongan kerja terbaru
  • dll
Hasil riset kecil-kecilan saya, tema-tema ini adalah contoh kecil dari apa yang dicari oleh para pengguna internet. Contoh, yang sedang mencari kerja kebutuhannya adalah berita-berita dan informasi lowongan pekerjaan yang uptodate. Yang suka dengan sepeda motor 250 cc dari Honda (CBR250R) akan mencari informasi modifikasi dan sparepartnya, dsb.

Jikalau kita sadari kebutuhan manusia itu tidak jauh dari kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Namun diantara ketiganya yang paling cantik adalah kebutuhan tersier. Mengapa saya bilang cantik? Karena kebutuhan tipe ini digerakkan oleh ego dan ego ini yang menggerakan kebutuhan tersier.

Ego manusia adalah bagian dari diri yang membuat kita semua unik sekaligus inilah kelemahan utama kita. Karena ego, kita ingin diidentifikasi secara berbeda. Karena ego, kita ingin menampilkan diri selaik mungkin. Karena ego, kita mau mempunyai pesona tertentu di mata orang lain. Istilah bahasa Sundanya: Self Esteem.

So, sebagai blogger sahabat juga bisa memanfaatkan pengetahuan ini. Penuhi blog atau web sahabat akan informasi-informasi yang menyentuh langsung kebutuhan pemirsa dunia maya. Kalau bisa, sajikanlah artikel tentang kebutuhan tersier. Penuhi ego pemirsa dan saksikan bagaimana mereka menjadi enthusiast blog anda.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar