Rabu, 28 Desember 2011

Kendala Menulis Bukan Pada Fasilitas


Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kita panjatkan selalu kahadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat-Nya kepada kita semua.

Sahabatku sekalian yang berbahagia, postingan saya kali ini tentang "Kendala Menulis" dan ada kalanya kita beralasan dengan mengkambinghitamkan fasilitas sebagai kendala untuk kita menulis.

Seringkali kita menunda kegiatan kita menulis dan dengan beraneka macam mengatasnamakan tudingan terhadap fasilitas untuk menulis, seperti: karena tidak punya komputerlah, buku literasi kurang, tidak ada modem, harus minjam laptop teman, lagi tidak punya waktu luang, kamar terlalu berisik, dan masih banyak sederet alasan menyangkut fasilitas yang dijadikan kendala untuk menulis.

Ternyata, bukan hanya saya saja yang mengalami “pengkambinghitaman” fasilitas ketika ingin menulis. Tetapi, penulis-penulis kondang yang telah suksespun mengalami hal yang sama sebelumnya. Walaupun demikian, penulis-penulis tersebut telah berhasil melewati masa-masa penuh cobaan hinga tidak terlarut dalam problematika itu secara berkepanjangan.

Adapun tips yang saya tuliskan dibawah ini tiada lain untuk membantu membangkitkan semangat sahabat sekalian agar tidak padam gairahnya didalam menulis.

Tips tersebut, adalah:
1. Paksakan diri Anda untuk menulis, walaupun buntu ide dalam kepala. Tuliskan saja apapun yang melintas di kepala, dan biarkan dia mengalir seperti air.
2. Buang jauh-jauh rasa malas, takut, dan tidak percaya diri.
3. Buatlah target. Motivasikan diri Anda sendiri dengan target. Target dan target.
4. Disiplin.
5. Bergaul dengan komunitas penulis.

Jadi, “Kendala menulis itu bukan di fasilitas, melainkan di dalam diri kita sendiri.”

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar